Jumat, 27 Desember 2013

SEJARAH TUGU THOMAS PARR




1.      Sejarah Tugu Thomas Parr
Salah satu yang menarik dalam berwisata ke provinsi Bengkulu adalah sebuah monumen persatuan rakyat Bengkulu melawan penjajah Inggris di Monumen Thomas. Tugu Tomas Parr (Parr Monument) adalah salah satu bangunan bersejarah peninggalan Inggris yang ada di jantung kota Bengkulu. Orang Inggris memberi nama “Parr Mausoleum” (kuburan besar Gubernur Parr). Sedangkan orang Bengkulu menyebutnya sebagai “Kuburan Bulek” (Kuburan Bulat) – mungkin karena bentuk fisik bangunannya yang bulat. Dan setelah kedatangan Sir Thomas Stamford Raffles, lebih popular dengan nama “ Raffles Park” (Taman Raffles).
Letaknya berdekatan dengan Benteng Marlborough, hanya berjarak sekitar 170 m di sebelah tenggara. Monumen berbentuk tugu dengan luas 70 meter persegi dan tinggi 13,5 meter ini dibangun oleh pemerintah Inggris pada tahun 1808 untuk memperingati Residen (Gubernur) Thomas Parr yang tewas dibunuh oleh rakyat Bengkulu.
Nama Thomas Parr mungkin sangat asing di telinga kebanyakan orang. Namun nama ini tidak demikian asing bagi penduduk kota Bengkulu. Paling tidak masyarakat Bengkulu mengenal nama itu dari nama sebuah monumen bernama Tugu Thomas Parr. Bisa dikatakan Tugu Thomas Parr ini sebagai salah satu ikon kota Bengkulu. Hampir mirip dengan Monumen Tugu yang ada di kota Yogyakarta. Monumen ini pun menyiman nilai historis yang sangat tinggi. Pembangunan monumen ini dilakukan oleh Pemerintah Inggris sebagai penghormatan sosok seorang Thomas Parr di kota Bengkulu. 

2.      Perjuangan Rakyat Bengkulu di Monumen Thomas Parr